Hut ke 72


JURNALPAGI.ID – HUT Ke-72 Yayasan Hang Tuah dipusatkan di SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Dalam perayaan yang berlangsung sederhana itu dihadiri Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah yang juga selaku Ketua Umum Jalasenastri Ny Manik Siwi Sukma Adji. Hadir pula Panglima Koarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto didampingi oleh Anggota Pengawas Daerah II Yayasan Hang Tuah Ny Dien Mintoro Yulianto.

Acara peringatan tersebut yang melibatkan sekitar 1.300 undangan, yang terdiri dari para peserta didik, guru, dan karyawan Yayasan Hang Tuah, serta beberapa perwakilan cabang dari luar Surabaya seperti Cabang Tarakan, dan Kupang.

Acara puncak HUT terlebih dahulu diawali dengan Jalan Sehat menempuh rute sejauh 2,5 KM. Rute tersebut dimulai dari SMA Hang Tuah 1 Surabaya kemudian melewati Jalan Gresik – Jalan Perak – Jalan Tanjung Sadari, dan kembali ke SMA Hang Tuah 1.

Selain Jalan Sehat, ada pula para peserta karnaval dan drum band yang terdiri dari para peserta didik dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Yayasan Hang Tuah di Surabaya. Mereka tampil memeriahkan acara dengan pesona kostum daur ulang yang merupakan hasil kreasi para siswa yang dibuat selama kurang lebih satu minggu.

Sementara tema kostum yang diangkat adalah tentang keberagaman Indonesia, karenanya bentuk kostum yang dibuat bercirikan pakaian khas adat seperti Dayak, Minangkabau, dan Madura. Dan yang menjadi salah satu primadona acara yakni launching seragam batik baru khusus bagi para guru dan karyawan YHT yang didesain oleh Darmadi salah seorang guru di SMA Hang Tuah 2 Surabaya.

HUT mengusung tema, Dengan Karakter Jiwa Bahari , Yayasan Hang Tuah Siap Menyukseskan Implementasi Kurikulum Kemaritiman Dalam Rangka Mewujudkan Poros Maritim Dunia. “Di usia ke-72 Yayasan Hang Tuah sebagai yayasan dibawah naungan TNI AL dalam hal ini Jalasenastri siap membangun karakter dan jiwa bahari yang kuat kepada seluruh anak didiknya,” jelas Manik Siwi Sukma Adji, Minggu (20/1)

“Kepada bapak dan ibu guru saya harapkan agar tidak henti-hentinya untuk berinovasi dalam pengembangan pendidikan yang berkualitas, berkarakter, dan berwawasan kebaharian . Sebab kita dalah negara maritim terbesar di dunia dengan segala potensinya yang menunggu untuk dikembangkan demi kemajuan dan kemakmuran bangsa,” tutur istri Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah juga memberikan beberapa penghargaan kepada puluhan siswa. Sebanyak 25 siswa-siswi yang berprestasi dan kepada 25 siswa penerima beasiswa sosial ekonomi mulai tingkat TK hingga SMK se-cabang Surabaya menerima langsung penghargaan.

Salah satu rangkaian kegiatan HUT Ke-72 Yayasan Hang Tuah yang tepat dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2019 yang menjadi tanggal hari jadi yayasan tersebut adalah gerakan serentak makan ikan bersama yang melibatkan 11.954 peserta yang digelar di kantor Korcab V Daerah Jalasenastri Armada II Surabaya.(rls)